10 Hukum Pemasaran melalui Media Sosial


Related image
https://syfonic.com/how-to-use-your-cell-phone-spy-to-access-social-media/

Media sosial saat ini adalah keharusan yang harus dimiliki setiap orang.  Kini media sosial bukan hanya menjadi sarana untuk bersosialisasi, namun media sosial saat ini banyak digunakan sebagai perantara dalam pemasaran. Menggunakan kekuatan konten pemasaran melalui media sosial tentu akan mudah meningkatkan awareness audien dan Anda akan memiliki pelanggan baru yang berdatangan. Tapi, ternyata bukan hanya konten saja yang dibutuhkan, di media sosial Anda akan bertemu oleh berbagai macam orang, maka ini penting untuk Anda yang ingin terjun dalam pemasaran melalui media sosial memahami terlebih dahulu mengenai dasar media sosial juga 10 hukum pemasaran melalui media sosial yang akan membantu Anda membangun dasar yang akan melayani pleanggan Anda dan meningkatkan Brand Anda. Berikut 10 hukum pemasaran media sosial yang harus Anda ketahui:

1.      Hukum Mendengarkan
Hukum mendengarkan adalah hal yang harus dilakukan jika ingin sukses memasarkan produk atau jasa melalui media sosial. Ketika Anda masuk dalam sebuah media sosial, amati dahulu apa yang sedang menjadi pembicaraan dan memahami target audiens Anda, selanjutnya Anda dapat membuat konten yang mampu membuat interaksi dua arah, dengan begitu Anda akan mendapatkan nilai tambah dari audiens, dan audiens akan merasa dihargai.
2.      Hukum Kualitas
Hukum kualitas yang akan mengalahkan kuantitas, ibaratnya “lebih baik kita memiliki 300 koneksi online yang dapat membaca dan berbicara menngenai brand dan konten Anda, daripada Anda memiliki 30.000 koneksi yang tidak memberikan harapan apapun, hanya diam dan memperhatikan”. Jadi, sebaiknya Anda memiliki kualitas konten yang bagus.
3.      Hukum Fokus
Fokus adalah hal yang harus dimiliki saat Anda terjun pemasaran melalui media sosial, fokus disini lebih baik untuk mengkhususkan diri daripada menjadi orang yang mengetahui banyak hal tetapi tidak mampu menguasai apapun dalam perdagangan. Sebuah strategi media sosial dan pemasaran konten yang sangat terfokus dimaksudkan untuk membangun brand yang kuat dan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk sukses. Hal ini akan lebih efisien daripada membuat strategi luas yang mencoba merangkul semua orang yang bahkan bukan target audiens Anda.
4.      Hukum Kesabaran
Keberhasilan dalam pemasaran di media sosial tidak terjadi langusng dalam semalam. Untuk itu, Anda harus mentaati hukum ke 4 yaitu hukum kesabaran dalam menajalani setiap prosesnya. Anda harus memiliki komitmen jangka panjang untuk mencapai keberhasilan.
5.      Hukum Influencer
Untuk membantu Anda dalam pemasaran media sosial, Influencer secara online adalah hal yang tepat untuk membantu karena influencer memiliki penonton berkualitas dan pelanggan akan cenderung tertarik pada produk Anda yang digunakan oleh influencer. Anda harus menjalin hubungan yang baik dengan para influencer dan bekerjasama untuk membangun hubungan dengan audiens.
6.      Hukum Nilai
Kontrol promosi produk atau jasa Anda, jika Anda ingin melakukan promosi secara langsung dan sering, maka audiens akan berhenti mendengarkan Anda. Anda harus menambahkan nilai lebih yang berharga dalam percakapan. Fokuslah pada konten yang luar biasa agar memiliki hubungan baik dengan para influencer online. Selanjutnya, Jika sudah dilakukan dengan benar, audiens yang tangguh dengan sendirinya yang memanfaatkan system word of mouth untuk produk, jasa atau bisnis Anda.
7.      Hukum Aksesbilitas
Tetaplah tersedia untuk audiens Anda, jangn pernah menghilang setelah mempublikasikan sebuah konten tanpa ada kelanjutan. Anda perlu konsisten dalam mempublikasikan konten dan berpartisipasi dalam percakapan. Followers online dapat berubah-ubdah dan mereka tidak akan ragu-ragu untuk berhenti mengikuti Anda jika Anda menghilang selama beberapa minggu atau bulan.
8.      Hukum Timbal Balik
Anda tidak dapat mengharapkan orang lain untuk membagikan konten Anda atau membuat konten Anda popular. Jadi, sebagian daripada waktu yang bisa Anda manfaatkan untuk media sosial, Anda juga harus aktif untuk saling berbagi tentang konten yang dipublikasikan orang lain.
9.      Hukum Pengakuan
Anda tidak akan mengabaikan seseorang yang menjangkau Anda secara langsung jadi jangan abaikan mereka secara online. Membangun hubungan merupakan bagian penting serta baik untuk keberhasilan pemasaran melalui media sosial, jadi selalui akui setiap orang yang mengelurukan tangan kepada Anda.
10.  Hukum Peracikan
Jika Anda mempublikasikan konten menarik dan bekualitas untuk membangun audiens online menjadi pengikut karena kualitas konten yang Anda punya, mereka akan membagikannya dengan audiens lain di berbagai media sosial seperti Twitter, Facebook, LinkedIn, bahkan blog mereka sendiri, juga masih banyak lainnya.

Itulah hukum pemasaran mealui media sosial yang harus Anda lakukan untuk membantu meningkatkan audiens pemasaran online. Tetapi, selain hukum pemasaran media sosial, jika Anda ingin meningkatkan audiens dalam pemasaran online juga bisa menggunakan agen-agen digital yang menawarkan jasanya di Social Media. Octovi adalah creative digital agency yang mempunyai pelayanan Social Media Management yang siap membantu brand Anda memiliki audiens yang berkualitas dalam pemasaran di dunia digital.

Comments

Popular posts from this blog

[TUGAS KULIAH] Contoh Percakapan Negosiasi Client

Mau Buat Tas Custom? Perhatikan 5 Hal Ini!

5 Aplikasi Project Mangament Yang Harus Kamu Coba!